Memilih Browser yang Aman

Aktifitas berinternet sudah menjadi gaya hidup saat ini. Kemudahan mengakses internet tak lagi harus membeli modem yang sebesar player DVD lalu dihubungkan ke telepon rumah. Cukup memakai ponsel pun sudah bisa berselancar di dunia maya. Update status atau melihat kabar teman lewat facebook bisa dilihat lewat ponsel, kadang ingin melakukan e-banking via ponsel.

Kalau ingin lebih nyaman, kadang menggunakan PC atau laptop. Nah saat berselancar pun tentu menggunakan browser, entah bawaan OS atau install sendiri browser yang diinginkan. Pertimbangan memakai suatu browser didasari pada beberapa pertimbangan, antara lain handal, cepat saat membuka web sasaran (tidak lemot), stabil, fiturnya lengkap, ringan dan tahan serangan hacker.

Dan di setiap aktifitas kita di dunia maya, ada keinginan agar merasa aman dan nyaman saat berselancar. Tak ada rasa ketakutan akun kita dibajak oleh orang yang tak bertanggungjawab, terlebih dalam hal transaksi keuangan online. Kadang urusan jadi runyam gara-gara akun kita dibajak, orang tak bertanggungjawab seenaknya mengirimkan e-mail ke rekanan meminta sejumlah uang misalnya, padahal bukan kita yang meminta. Oleh karena itu jika menerima e-mail yang mencurigakan, ada baiknya dikonfirmasi ke pengirim e-mail lewat telpon atau sms.

Lalu timbul pertanyaan, browser apakah yang aman dipakai untuk berselancar?

Pada tanggal 9-11 Maret 2011 yang lalu diadakan kontes Pwn2Own di Kanada. Pwn2Own adalah kontes yang diadakan untuk para hacker untuk menjebol sistem pertahanan browser yang diujikan. Kontes Pwn2Own 2011 ini menguji sistem pertahanan dari browser Mozilla Firefox 3.6, Internet Explorer 8, Safari 5 dan Google Chrome 9.

Hasilnya, hingga akhir kompetisi, Firefox 3.6 dan Chrome 9 tak berhasil ditembus. Untuk IE8 dan Safari 5 berhasil dijebol. Malahan Safari 5 berhasil dijebol dengan mudahnya, hanya butuh waktu 5 detik. Dalam kontes ini Safari 5 dibenamkan di Macbook dengan Max OS X Snow Leopard versi 64 bit, IE8 running dalam OS Windows 7 versi 64 bit.

Pada kompetisi Pwn2Own tahun 2010 lalu, Chrome satu-satunya browser yang tak bisa dijebol. Browser lainnya berhasil ditembus keamanannya sebelum kompetisi berakhir.

Melihat hasil ini, kita sedikit mempunyai gambaran browser apa kira-kira yang bisa menjadi pilihan agar nyaman dan aman berinternet ria.

Tapi kalau ingin lebih yakin lagi tentu harus ada hasil pembanding lainnya tentang sistem keamanan dari broswer yang ingin kita gunakan. Semoga ada informasi tambahan untuk ini atau ada koreksi dari ahlinya, malah ini lebih baik.

Intinya adalah kita ingin merasa aman dan nyaman saat berselancar di dunia maya, tak ada keraguan dan ketakutan akun kita dibobol, biasanya lewat akun e-mail yang kita punya. Dan bagi yang biasa berkompasiana lewat laptop atau PC, tentu ingin aman dan nyaman saat berwara-wiri di sini.

Kalau akun dijebol karena password yang kita buat terlalu mudah dihack, itu sudah lain cerita. Solusi untuk password yang anti-hack antara lain membuat password yang agak rumit dan diganti tiap seminggu sekali.

Selamat berselancar di dunia maya.

Browser apa menurut Anda yang paling aman dan nyaman dipakai?

Sumber : www.ronexs.com

Posted on 28 November 2011, in Tip dan Trik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Kao perangkat matematika bisnis manajemen jur adm perkantoran ada ga?kalo ada tlg donk saya butuh ni kls X,XI dan XII

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: